Kesalahan Mengelola Uang, Hati-hati Kondisi ini Sejak Dini

admin | October 6, 2015 | Info

Walau masih muda dan berstatus lajang, membuat rencana dan juga keputusan finansial yang tepat itu penting bagi masa depan kamu, bukan? Tidak hanya itu saja, kesalahan mengelola uang ini juga patut diwaspadai karena tentu berefek langsung terhadap kondisi keuangan selanjutnya. Nah, oleh karena itu, hati-hati beberapa kondisi ini sejak dini. Jangan sampai karena kesalahan mengelola uang, kamu sampai-sampai harus mengandalkan pinjaman untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup.

mengelola uang

Beberapa Macam Kesalahan Mengelola Uang

1. Pengeluaran yang tak penting

Biasanya orang-orang muda bisa dibilang lemah terhadap yang namanya “penyakit lapar mata”, khususnya ketika melihat berbagai barang-barang menarik dan promo yang ada di mall ataupun banyak situs belanja online. Akibatnya kita malah jadi boros berbelanja, padahal pengeluaran tersebut tak penting. Oleh karena itu, coba pikirkan lagi sebelum telanjur belanja sesuatu barang yang kelihatannya menarik atau berlabel murah – apakah kita benar-benar perlu?

2. Lebih besar pengeluaran daripada pemasukan

Salah satu penyebabnya adalah poin nomor satu yang disebutkan tadi. Ini karena kita sering kali lebih mementingkan pengeluaran, sebisa mungkin berbelanja dan menghabiskan uang dan kadang tidak memikirkan seberapa besar pemasukan kita.

Memang ada banyak kemudahan yang ditawarkan bagi kita, sebut saja kartu kredit ataupun mudahnya pengajuan pinjaman tanpa jaminan. Namun, kalau memang kamu tidak benar-benar butuh dan pinjaman tersebut tidak memberikan keuntungan apa-apa kecuali hanya memenuhi hasrat belanja saja – sebaiknya urungkan niat untuk meminjam!

3. Lebih memprioritaskan pengeluaran

Hampir sama dengan poin kedua, kebiasan orang yang sudah umum adalah membuat daftar pengeluaran terlebih dahulu, baru melihat seberapa besar kemampuan menabungnya. Itu pun tidak jarang hanya sisa dari pengeluaran per bulan. Namun cara ini malah membuat kamu tidak punya uang di akhir bulan. Jadi, lebih baik hitung kemampuan menabung kamu, ketatkan diri paling tidak bisa menabung 10% dari total penghasilan setiap bulannya. Nah, kemudian barulah sisanya kamu gunakan untuk pengeluarna. Tentu saja kita harus disiplin.

4. Tak punya rencana finansial

Ya kondisi ini adalah kesalahan fatal dalam mengelola uang. Seakan-akan kita tidak punya tujuan hidup. Tidak punya rencana finansial hanya akan membuat kamu sulit mengontrol uang yang keluar. Akibatnya, kamu malah kewalahan ketika butuh uang di kondisi tak terduga ataupun situasi darurat.

Beberapa kondisi di atas patut kita waspadai. Kita tidak mau, kan, di masa tua malah menderita kesulitan keuangan. Atau, kita pasti punya tujuan hidup kan? Misalnya di usia sekian harus punya rumah, investasi sekian dan sebagainya. Nah, kalau tidak dimulai sedini mungkin akan semakin sulit untuk mengatur uang yang kamu miliki. Kalau kesalahan mengelola uang sudah jadi kebiasaan dan bahkan tabiat, di masa mendatang akan sangat sulit untuk mengubahnya.

 

Related Posts