Memindahkan aplikasi android ke sd card tanpa root

admin | April 25, 2015 | Info

Media penyimpanan pada memory internal smartphone/ponsel itu terbatas dan tidak sebesar kapasitas memory eksternal/SD Card. Namun bila kami mendownload lalu menginstall suatu aplikasi android secara default pasti langsung ditempatkan di memory internal telepon. Lalu bagaimana kita mensiasati minimnya kapasitas pada internal? ya sudah pasti kami harus memindahkan segala jenis data ataupun aplikasi yg sudah terinstall ke SD Card. Banyak cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal atau SD card android, salah satu caranya yaitu dengan menginstall aplikasi pemindah app ke memori eksternal, namun biasanya aplikasi ini meminta utk mengerjakan rooting di hp android anda.

Sebenarnya Pada semua device Android baik Samsung Galaxy, Sony Xperia, HTC, dll pada dasarnya sudah terdapat fitur bawaan utk memindahkan aplikasi ke eksternal memory tanpa menggunakan aplikasi apapun, namun cara ini sangat tdk efektif, karena tidak semua user apps dapat dipindahkan ke SD card serta setelah di pindahkan aplikasi ke SD card dengan cara ini, beberapa file aplikasi yang lw pindahkan akan tetap me-write file-file tertentu di dalam memory telepon, sehingga memory internal lw akn tetap penuh. Pilihan paling baik yg sangat cocok untuk masalah ini ialah dengan menggunakan aplikasi Link2SD. Aplikasi Link2SD merupakan salah satu aplikasi yang harus anda miliki terutama untuk perangkat Android yg memiliki total kapasitas memory internal yg kecil.

 

Pada aplikasi Link2SD ini mempunyai fungsi utama yaitu mampu memindahkan banyak data serta aplikasi ke External Memory dengan cepat. Namun berbeda dengan metode memindahkan aplikasi seperti biasa, Link2SD membutuhkan sebuah partisi khusus pada SD card untuk dijadikan tempat penyimpanan dari data aplikasi yang seharusnya disimpan di internal memory perangkat.

Sebelum melangkah ke Cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card ada persyaratan yg hrs dipenuhi supaya cara ini dpt diterapkan pada smartphone android anda yaitu:

Perangkat smartphone kamu sudah berstatus root, bila belom diroot kamu dapat melihat langkah-langkah roting android disini.

SD Card harus telah dipartisi, sama halnya seperti partisi harddisk pada komputer, SD Card lw hrs dipartisi menjadi 2 bagian, nte bisa mempartisinya dgn menggunakan aplikasi Partition Wizard, engkau bisa mengerjakan proses partisi ini di PC/ Laptop. Atau utk lebih mudahnya kamu dpt melakukan partisinya langsung melalui Hp anda, utk caranya sampean dpt baca >Cara Melakukan Partisi Pada SD Card Untuk Aplikasi Link2SD<

Jika hal-hal & persyaratan diatas sudah anda lakukan berikutnya perhatikan, berikut langkah-langkah Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD :

Silahkan download & install aplikasi Link2SD di Google Play.

Jalankan aplikasi Link2SD. Jika muncul permintaan akses root atau SuperUser, silahkan pilih Allow. Saat pertama kali menggunakannya, akan muncul pilihan file system pada partisi kedua dari microSD yang nte gunakan (ext2, ext3, ext4, FAT16/32), sesuaikan dengan macam partisi yang sudah kamu lakukan sebelumnya di PC misal FAT32/16, Lalu anda akan diminta merestart perangkat anda. Silahkan restart dan jalankan kembali Link2SD.

Setelah tersebut langsung saja kami pilih aplikasi mana saja yang ingin di pindahkan ke SD card. tekan softkey atau tombol pilihan, lalu pilih multi select. Nte dapat langsung memilih semua aplikasi dgn menyentuh select all, atau sampean jg dpt memilih beberapa aplikasi saja dgn mencentangnya yg ada di sebelah kiri icon dari masing- masing aplikasi. Perlu diketahui bahwa aplikasi sistem tak akan dpt dipindahkan.

Jika sudah selesai memilih aplikasi yang kepingin dipindahkan, sentuh softkey lalu pilih create link.

Pastikan anda mencentang ketiga menu yang muncul seperti gambar dibawah ini, lalu pilih OK.

Tunggu sampai proses selesai dan lihatlah perbedaannya. Memory internal akn lebih bebas karna data aplikasi yang engkau pilih tadi sudah dipindahkan total ke SD card partisi kedua. Silahkan cek penggunaan memory dgn menyentuh softkey serta pilih storage info.

Selesai.

Itulah beberapa langkah cara menggunakan Link2SD utk memindahkan aplikasi ke eksternal/SD card. Sekian artikel yg ane bagikan kali ini tentang Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD, semoga bermanfaat serta selamat mencoba.

Related Posts